Latest News

sepenggal kisah gadis kenshusei

Di penghujung musim dingin bertahun-tahun yang lalu, pertama kali saya mengenal dirinya. Sebut saja namanya YN. Ia seorang gadismuda yang merantau jauh meninggalkan kampungnya demi perbaikan nasib keluarga. Wajahnya manis, namun menyiratkan karakter yang kuat. Tubuh YN cukup tinggi untuk ukuran orang Indonesia.



Asal muasal perkenalan saya dengan YN dimulai dengan permintaan dari professor pembimbing (Sensei) kepada saya agar membantu temannya yang pengusaha untuk menjadi penerjemah bagi para pekerja magang (kenshusei) dari Indonesia. Parakenshusei ini baru saja datang di kota saya, sebuah kota kecil di Jepang Selatan. Saya mengiyakan tawaran Sensei. Di samping honor yang ditawarkan memang lumayan besar untuk ukuran kantong mahasiswa, saya juga ingin bertemu dengan orang-orang Indonesia. Maklum, saat itu sayalah satu-satunya mahasiswi Indonesia yang ada di kampus pusat. Seorang mahasiwa Indonesia lainnya ada di kampus cabang yang letaknya cukup jauh dari kampus pusat. Kami hanya sesekali bertemu pada acara-acara tertentu.
Kembali pada pertemuan dengan kenshusei. Pihak perusahaan menyelenggarakan acara pengenalan tata cara kehidupan masyarakat Jepang kepada para kenshusei. Pada kesempatan itu, saya diminta menerjemahkan maksud pembicara Jepang ke dalam bahasa Indonesia, dan sebaliknya bila ada pertanyaan darikenshusei maka saya terjemahkan ke dalam bahasa Jepang. Hal-hal mendasar sepertitata cara membuang sampah hingga peraturan berlalu lintas dijelaskan dalam pertemuan ini.
YN adalah salah seorang kenshusei. Tapi saya bertemu YN bukan pada pertemuan pengenalan tata cara kehidupan yang saya ceritakan di atas. Pengusaha teman Sensei yang sudah mengenal saya merekomendasikan saya untuk menjadi penerjemah kepada temannya yang ternyata adalah bos dari YN. Saat itu, YN dan seorang temannya RT yang juga dari Indonesia akan menghadapi ujian tertulis dan ujian praktek dalam rangka perpanjangan kontrak kerja. Masa kerja kenshusei biasanya 3 tahun. Saya diminta membantu menerjemahkan bila ada hal-hal yang kurang dimengerti oleh YN dan RT.
Dari sinilah saya mengenal YN.YN dan RT bekerja di perusahaan perkebunan bunga di kota tetangga, kota S. Mereka bekerja mulai dari menyemai benih, menanam, merawat hingga memanen bunga. Mereka tinggal di sebuah rumah yang disediakan perusahaan. Setiap bulan mereka menerima gaji 70 ribu yen (sekitar 7 juta rupiah).
Saya sangat senang bertemu YN dan RT. Saya tidak hanya bisa ngobrol dalam bahasa Indonesia tapi juga bahasa Minang. Karena YN dan RT berasal dari Sumatera Barat sama seperti saya. Mereka memanggil saya kakak. Wah, saya jadi punya dua adik perempuan di Jepang. Saya mengagumi ketangguhan mereka yang berani bekerja begitu jauh meninggalkan orang tua dan saudara di kampung. Mereka adalah tulang punggung keluarga. Mereka berharap hasil jerih payah mereka dapat memperbaiki perekonomian keluarga.
Selesai membantu YN dan RT melewati ujiannyayang berhasil dengan baiksaya sering menjalin kontak dengan mereka lewat telepon atau sms. Bahkan pada suatu hari libur, RT pernah menginap di apartemen saya. RT bilang bosnya mengizinkan ia menginap karena sudah mengenal saya.
Biasanya kami bercerita seputar kampung halaman, pekerjaan mereka dan suasana kerjanya. Kesan yang saya tangkap, mereka senang dapat bekerja di Jepang. Mereka memang harus bekerja keras dengan kedisiplinan yang tinggi. Hubungan mereka dengan pemilik perusahaan cukup baik. Kedekatan hubungan itu tergambar dari cara mereka memanggil otosan (bapak) buat si pemilik. Yang pernah mereka keluhkan adalah cuaca pada musim dingin yang membuat kulit mereka mengelupas perih.
Begitulah pertemanan kami berjalan selama beberapa bulan. Tiba-tiba, pada suatu siang saya menerima telepon dari RT. Ia mengatakan bahwa YN melarikan diri. Saya sangat terkejut. Kenapa YN melarikan diri? Bagaimana caranya ia pergi? Dengan siapa ia pergi? Kemana ia pergi? Dan banyak lagi pertanyaan yang berkecamuk dalam diri saya.
RT cerita bahwa sehabis maghrib YN pamit keluar. Mau beli kue, katanya. Namun ditunggu hingga larut malam, YN tidak kembali. RT tidak menyangka YN akan pergi karena YN tidak membawa apa-apa. Pakaian dan perlengkapan lainnya ditinggal di rumah. RT melaporkan hal ini kepada otosan keesokan harinya.
Saya mengkhawatirkan YN. Setahu saya, paspor kenshuseidisimpan oleh perusahaan, jadi YN pergi tanpa membawa paspor. Saya coba meneleponnya tapi tidak berhasil, sepertinya ponselnya sudah tidak aktif. Saya berharap YN baik-baik saja. Sebelumnya memang pernah terjadi beberapa orang kenshusei pergi begitu saja. Di antara alasan kepergian mereka adalah karena sudah mau habis masa kontrak yang tidak dapat diperpanjang lagi. Padahal mereka masih ingin bekerja di Jepang, sehingga ada yang memilih pergi diam-diam untuk bekerja di perusahaan lain. Mungkin juga gaji yang ditawarkan lebih tinggi. Biasanya memang ada yang menawarkan pekerjaan kepada mereka, dan mungkin juga “mengatur” kepergian mereka. Bila kenshusei memutuskan untuk kabur, maka jadilah ia pekerja illegal. Hidup sebagai pekerja illegaltentunya tidak tenang. Bertemu polisi di jalan jadi ketakutan. Mereka sewaktu-waktu bisa dideportasi bila tertangkap.
Cukup lama saya tidak tahu kabar YN sesudah kepergiannya. Suatuhari ada nomor yang tidak dikenal menelepon saya. Ternyata YN. Ia sudah tinggal di kota lain dan bekerja di suatu perusahaan. YN tidak mau menyebutkan secara jelas dimana ia tinggal dan nama perusahaan tempat ia bekerja. Ia hanya tertawa lirih saat saya menanyakan penyebab kepergiannya.Saya memakluminya, YN tentu berusaha menutupi keberadaannya. Saya sudah cukup senang mengetahui YN dalam keadaan baik-baik saja.
Namun, hal yang membuat saya mengelus dada adalah peristiwa yang terjadi pasca kaburnya YNSetelah YN pergi, perusahaaan-perusahaan Jepang yang tergabung dalam satu kelompok di kota S mengultimatum bahwa bila ada kenshusei Indonesia yang kabur lagi, maka seluruh kenshusei lainnya akan dipulangkan ke Indonesia. Dan hal ini terjadi. Seorang kenshusei dari Indonesia kembali melarikan diri. Akibatnya, semua kenshusei yang masih ada dipulangkan ke Indonesia termasuk RT.
Pada hari kepulangan ke Indonesia, dari ruang tunggu bandara RT sempat menelepon saya. Suaranya bercampur tangis mohon pamit. Saya tertegun, nyaris tidak lagi dapat berkata-kata. Kasihan ia, masa kontraknya belum usai, ia sedang mengumpulkan uang untuk keluarganya, buat pengobatan adiknya yang sedang sakit.Sementara di Indonesia ia belum tahu mau bekerja apa. Saya hanya dapat berpesan agar ia selalu berhati-hati, dan berdo’a semoga Allah selalu melindungi dan memberkahi. Saya juga ingatkan agar jangan sungkan untuk mengontak saya bila diperlukan.
Akan halnya YN, selepas kepulangan RT, saya masih sempat kontak dengannya beberapa kali. Tetapi setelah saya kembali ke Indonesia selesai studi, saya tidak pernah mendengar kabarnya lagi. Dimanakah kamu YN? Apakah masih di Jepang atau sudah kembali ke Indonesia? Saya harap kamu baik-baik saja.
Tulisan ini juga dimuat di http://www.kompasiana.com/zuraini

7 Responses to "sepenggal kisah gadis kenshusei"

  1. KENSHUSEI atau biasa disebut peseta magang jepang sebenarnya dengan mahasiswa bisa dikatakan sama, mereka sebenarnya ditugaskan untuk belajar sambil bekerja bukan sepenuhnya full untuk bekerja, jadi program ini sama seperti Arubaito atau kerja paruh waktu dijepang yang dikerjakan oleh mahasiswa dijepang untuk mengurangi biaya beban studi
    salam,,

    kenshusei magang jepang

    ReplyDelete
  2. Salam kenal dari saya mbak Romlah sengajah mempublikasikan cerita ini disini, saya bukan sombong tapi saya semata" hanya ingin berbagi kepada anda yang lagi butuh pertolongan.. Saya duluh kerja di malaysia sebagai PRT selama 7 tahun gaji waktu itu kurang lebih 3,5 juta per bulannya namun itu tidak pernah cukup untuk kebutuhan keluarga saya karna setiap bulannya harus membayar hutang piutang orang tua di BANK, singkat cerita.. Sekarang hutang orang tua saya sudah lunas senilai 335 juta dan sekarang saya sudah punya usaha tokoh perlengkapan bayi berkat bantuan MBAH BALAPATI melalui pesugihan putih dana gaib senilai 1 miliar.. Duluhnya saya takut untuk mengikuti pesugihan ini karna saya pikir ada tumbal ternyata tidak ada sama sekali dan jarak jauh pun bisa.. Singkat cerita duluhnya saya cuma melihat komentar seseorang di internet tentang MBAH BALAPATI alhamdulillah ternyata bener" terbukti dan saya salah satu orang yg sudah membuktikannya sendiri.. Siapa tau ada teman yg lagi ada masalah baik keuangan ataupun hal" lainnya silahkan coba konsultasi dengan beliau call/sms di nomer:+6282190534451 anda baik beliau pasti ramah melayani anda.. Muda"han dengan adaNya pesan singkat saya ini bisa bermanfaat.



    Salam bagi teman nak rantau.
    Spirit at work :-)



    ReplyDelete
  3. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidan penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI

    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputy Bidan pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    ReplyDelete
  4. Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum Wr. Wb

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}


    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    ReplyDelete
  6. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu W/A[+44] 7480 729811[Chats Only] atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]

    ReplyDelete